Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan


Ada banyak manfaat kulit manggis (Garcinia Mangostana), misalnya untuk kecantikan dan untuk kesehatan. Namun, untuk memperoleh manfaat dari kulit buah manggis tersebut, terlebih dahulu anda perlu mengetahui kandungan dan cara mengolahnya. Dengan demikian, anda bisa membuat ramuannya sendiri dirumah anda.

Kandungan dan Khasiat Kulit Buah Manggis

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis dapat anda dapatkan karena kulit buah manggis mengandung senyawa Xanthone, tanin, anti-inflamasi (peradangan), antosianin, anti mikroba, anti kanker dan anti oksidan. Senyawa xanthone dapat mengobati diabetes, kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tanin dapat menghambat enzim anti-diare, menghambat pertumbuhan tumor,  hemostatik, anti-hemoroid, dan DNA topoisomerase. Sementara anti oksidan dapat melawan radikal bebas dan menyehatkan kulit anda. Ada pula manfaat kulit manggis untuk ginjal. Namun untuk yang satu ini, anda harus membeli obat olahan modernnya di toko obat atau online shop.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis dan cara pengolahannya cukup sederhana, misalnya dibuat sirup dan jus kulit buah manggis. Untuk mebuat sirup buah manggis, caranya dengan mencuci bersih 2 kulit buah manggis lalu dipotong. Kemudian potongan itu direbus dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas air. Minumlah air rebusan yang telah disaring 2-3 kali dalam sehari. Sementara jus buah manggis dibuat dengan memblender 1 buah manggis (kulit, buah dan bijinya) yang dicampur dengan madu, gula dan segelas air. Anda dapat mendapatkan manfaat kulit manggis secara maksimal dengan meminum sirup dan jus tersebut secara rutin.
Sayangnya, terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kulit buah manggis ternyata tidak baik. Ini karena kadar tanin, resin dan serat kasar pada kulit manggis pada kadar tinggi sulit dicerna oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan usu, ginjal dan organ tubuh lainnya. Karena itu, bersikap wajarlah dalam mengkonsumsi kulit buah manggis. Dengan demikian, anda dapat maksimal dalam mendapatkan manfaat kulit manggis tersebut.

1 comments:

  1. siiip,
    bisa dipraktekin membuat jus kulit manggis sendiri nih, tapi belum punya kulit manggisnya nih, nungguin musim manggis dulu kali ya? hehehe...

    Dara

    ReplyDelete